Dec 31, 2009

Century... Bikin Capek



Sudah agak capek saya mengamati keberlangsungan percekcokan antara pansus dan pemerintah terkait kasus Bank Century. Kedua kubu masih bersitegang bagaimana seharusnya sebuah kebijakan layak dikeluarkan. Masing-masing mempunyai pendapat dan bukti-bukti kuat, di satu sisi Pansus mempunyai data BPK dan pemerintah mempunyai bukti.... dampak sistemik.
Ya, dampak sistemik. Itulah yang membuat capek banyak orang. Keyakinan para ekonom nomor wahid di Indonesia bahkan dunia diragukan oleh para orang awam yang tidak merasakan dampak krisis ekonomi 2008 saat itu. Mereka mengatakan, "Mana Mungkin berdampak sistemik, kan bank-nya kecil???"
Ini merupakan permasalahan yang kalut. Bagaimana bisa kita membuktikan perkataan seorang ekonom tanpa membuktikannya terlebih dahulu? Bagaimana juga kita akan membuktikan... lha wong itu sudah terjadi di masa yang lalu?
Tapi satu hal yang saya yakini bahwa Ibu Menkeu dan Bapak Wakil Presiden adalah orang yang jujur dan bersih (setidaknya dalam mengelola keuangan negara). Saya hanya bermodalkan yakin karena saya sendiri masih belum cukup ilmu untuk menerangkan secara terperinci dan valid bagaimana sebenarnya kasus ini berjalan. Jadi, bisa dikatakan ini adalah PR saya.
Saya juga agak menyayangkan bagaimana sikap para pemuda kita yang langsung menuntut mundur Ibu Menkeu dan Bapak Wapres, yang sekiranya atas usahanyalah (dan izin Allah tentunya), sehingga kita tidak terlalu merasakan dampak sistemik ini pada jangka waktu yang lama... Tapi apa boleh buat, opini publik telah terbentuk. Manusia hanya bisa menyesali atas apa kesalahan yang diperbuat.
Semoga berhasil bagi para pembela kebenaran.
Nb: Inalillahi Wainnalillahi Roojiuun... Gus Dur telah tiada... menunggu giliran kita.

No comments:

Post a Comment