Jul 16, 2009

Kenapa Manusia Harus Belajar


Pertanyaan ini bagi mereka seorang pelajar adalah sesuatu hal yang mungkin sudah biasa didengung-dengungkan di kepala mereka. “Kenapa kami harus belajar? Kenapa kami harus masuk sekolah?” atau pertanyaan-pertanyaan serupa lainnya.

Tentu hal ini sudah dijawab dengan baik dan mungkin “hampir” benar oleh kedua orang tua kita, bahwa sekolah sangat menentukan masa depan kita. Bagaimana kita mengharagai sekolah adalah perwujudan kita menghargai masa depan kita, begitulah kata orang tua kita dulu dan mungkin hingga sekarang.

Namun, bagi saya jawaban tersebut hanyalah mewakili 10% dari apa yang sebenarnya ilmu itu ingin kita wujudkan di masa depan kita. “Benarkah belajar atau apa itu menentukan masa depan kita?” jawaban dari pertanyaan itu yang akan menilai seberapa besar kadar kebenaran dari pernyataan tersebut.

Sudahkah anda bertanya pada diri anda sendiri...? Dan berapa kadar kebenarannya...?


***


Saat ditanya dan “dituduh” oleh teman saya bahwa saya nge-facebook ternyata hanya untuk mempromosikan blog saya. Jujur, saya tersenyum dan tertawa saat membaca ungkapan teman saya tersebut... karena itu kurang lebih benar. Ya, untuk alasan yang kesekian.

Alasan yang utama sudah tertera persis di blog saya (silahkan lihat bila perlu). Namun, segelintir kalimat tidak akan mewakili apa-apa tanpa disertai pengertian yang baik... dan itu harus dijelaskan dengan baik pula. Apakah itu perlu?

Perlu... jika teman-teman memintanya, dan saya akan dengan senang hati menjelaskannya. Tapi untuk saat ini saya bisa memberi satu petunjuk untuk membahasnya, “Bahwa kemampuan menggunakan kemampuan lebih penting dari kemampuan itu sendiri


No comments:

Post a Comment