Jul 22, 2009

Menjadi Hidup Ketika Mati

Ada pertanyaan menarik dari blog teman saya yang berbunyi, “Apa yang anda lakukan jika sekarang anda mati?” mungkin kurang lebih begitu bunyinya... (saya belum tahu nama posting lengkapnya jadi nggak saya link-kan ke sana). Tidak ada penjelasan... Tidak ada uraian, hanya berisi segelintir kalimat di atas...

Menurut saya apa yang dimaksudkan penulis dengan menyematkan kalimat singkat itu sudah tertera jelas tanpa ada embel-embel di belakangnya. Pikir saya, teman tersebut mengingatkan kita tentang kematian dan betapa dekatnya kita pada akhir kehidupan yang sementara itu.

Nah, saya akan merasa terhormat apabila saya bisa menjelaskan bagaimana hingga manusia itu justru bisa menjadi “Hidup” ketika dirinya akan mati.

Ada cuplikan menarik dari anime One Piece ketika ceritanya dimulai... bagi anda yang belum tahu atau ingin lebih tahu bisa saya ceritakan lagi...

Gol D. Roger adalah seorang raja bajak laut yang sangat terkenal... impiannya untuk menguasai lautan telah berakhir dan dirinya memilih mengakhiri perjalanan hidupnya dengan menyerahkan diri kepada angkatan laut (Marine).

Yang namanya bajak laut, tentu sudah membuat masalah dengan marine sebagai penjaga keamanan di laut. Apalagi jika raja bajak laut... coba bayangkan masalah apa yang telah diperbuat.

Setelah diadili, Gol D. Roger divonis hukuman mati di sebuah kota bernama Logue Town, tempat di mana kelahirannya. Menit-menit terakhirnya disaksikan oleh beberapa bajak laut dan beberapa anggota krunya. Hal ini tentu dimanfaatkan oleh Marine untuk memperingatkan bahwa Era Bajak Laut telah berakhir...

Namun kata-kata terakhirnya justru membalik semua keadaan. Keputusasaan berubah menjadi harapan, kesedihan berubah menjadi kegembiraan, ketakutan berubah menjadi kekuatan dan keberanian... apa yang diharapkan pemerintah justru menjadi bumerang hingga bertahun-tahun selanjutnya.

Penasaran apa yang dikatakannya? Begini kurang lebih bunyinya...

“Kalian menginginkan hartaku? Aku telah menyimpan hartaku pada suatu tempat. Jika kalian ingin mengambilnya, ambillah!!!”

Api semangat yang dipunyai Roger merambat ke seluruh jiwa dan hati masyarakat yang menyaksikannya, dan satu persatu orang mulai membentuk bajak laut baru dengan niatan mengambil harta yang terpendam tersebut... hingga akhirnya dimulailah Era Bajak Laut yang Baru.

Cerita itu boleh bohong dan berupa khayalan semata. Tapi nilai yang dikandungnya amatlah besar dan patut untuk kita terapkan di dunia nyata. Sebagai catatan, saya tidak menyarankan anda untuk menjadi seorang pelanggar hukum tapi jadikanlah diri anda sekarang... di mana pun anda berposisi... jadilah sesuatu yang sangat besar, di mana kata-kata anda, gerak-gerik anda, dan semangat anda, menjadikan tiap jiwa yang menyaksikan terhentak kagum karena yakin apa yang anda lakukan adalah benar dan anda bangga menjadi seorang yang benar.

Sebuah cerita untuk anak kecil yang baik sekali saya rasa sehingga perlu banyak sekali penjelasan untuk menguraikannya menjadi sebuah arti yang bermakna. Tapi mungkin sekian dulu ulasan dari saya... Jadilah sesuatu yang besar, yang benar, dan yang baik. Semoga berhasil...









See another post:

No comments:

Post a Comment