Jul 21, 2009

Melihat dari Sudut Pandang Berbeda (Sukses)

Yap... satu lagi ulasan lanjutan dari artikel Jika Tuhan Menjual Surga... dan benar... ini juga merupakan jawaban dari pertanyaan teman saya (kalau boleh saya perkenalkan namanya Dio).

Teman saya bertanya kepada saya... kalau begitu ulasan anda lebih mirip pada Russian Roulette daripada 2 sisi koin, karena nilai peluang untuk diutak atik lebih memungkinkan dan masuk akal. Maksudnya... 2 sisi koin lebih sulit untuk dimanipulasi daripada Russian Roulette. Apalagi menggunakan rumus matematika dalam statistik juga kurang tepat. Jadi lebih masuk akal jika analogi saya adalah Russian Roulette. Begitu kata teman saya... (saya sendiri tidak tahu apakah memang sebegitu sulitnya memanipulasi koin)

Baik... memang jika dilihat secara matematis, statistik, fisikis, kimiawis, dll-is. Sangatlah tidak masuk akal untuk menggunakan 2 mata sisi koin untuk menentukan bagaimana kehidupan kita nantinya. Apalagi dalam manipulasinya secara matematis, statistik, atau-is lainnya... pastinya sulit sekali (jika Dio tidak menggunakan remote control untuk memanipulasinya... he3x..)

Tapi kehidupan itu tidaklah bisa diukur dengan matematika, fisika, kimia, atau yang lainnya. Kesemua sains tersebut hanyalah penjelasan logis bagaimana sistem kehidupan itu bekerja. Contoh... bisakah anda mengukur tingkat kesuksesan seseorang dengan menggunakan matematika? Saya rasa tidak... karena tingkat kesuksesan tiap-tiap orang itu berbeda. Andaikata “Sukses” itu jatuh dari langit, mungkin hanya sebagian orang yang bisa mengenalinya... karena sekali lagi “Sukses” berbeda wajah bagi tiap-tiap orang.

Lalu bagaimana dengan koin?

Mirip... karena Tuhan telah menakdirkan dua pemberhentian akhir bagi tiap-tiap manusia di dunia, yaitu Surga dan Neraka, maka hanya ada dua kategori orang di akhirat nanti, yaitu Baik atau Buruk (menurut Tuhan bukan menurut Manusia). Itu seperti 2 sisi koin... tidak bisa terpisah.

Saya rasa akan berbeda dengan Russian Roulette yang mempunyai banyak kemungkinan. Bisa-bisa nanti pemberhentian terakhir kita ada yang namanya semi-surga, semi-neraka, Surga-hard, Surga-soft, he3x... Kalau memang ada yang namanya seperti itu cocoklah dengan analogi Russian Roulette.

Dan ulasan terakhir... bagi mereka yang membaca komentar di artikel Memanipulasi 2 Sisi Kehidupan kenapa saya sebut sebagai sudut pandang dari orang ekonomi, karena di dalam ekonomi (benar ada pa nggak ya...) ada yang namanya value of force majeur di mana nilai “diluar kekuasaan manusia” itu tetap ada dan diperhitungkan terlepas dari seberapa besar hitungan matematis telah digunakan.

Yap... mungkin segitulah saya bisa menjelaskan tentang artikel yang lalu. Ada pertanyaan lain...lagi?


No comments:

Post a Comment