Oct 28, 2009

Hore... Gaji Menteri Naik





Kabar gembira bagi anak menteri... orang tua mereka kemungkinan besar akan menikmati aliran cashflow lebih banyak tiap bulannya. Tapi bagi anak bukan menteri, ya... ikut bahagia aja ya...
Isu naik gaji bukanlah hal yang baru dalam dinamika politik di Indonesia. Rasa-rasanya pemerintahan baru harus dimulai dengan gaji baru juga (tapi harus naik lho...). Ini wajar, karena sebagai starter awal, motivasi yang bagus menjadi penentu utama bagaimana pemerintahan ini berjalan 5 tahun ke depan. Tapi masalahnya... uangnya dari mana?
Inilah yang menjadi PR pemerintah beberapa bulan ke depan jika ingin menrealisasikan rencana tersebut pada awal tahun 2010. Dengan anggaran yang melulu defisit, tentu rencana kenaikan gaji akan menjadi sorotan dari berbagai pihak. Tentu banyak masyarakat akan mempertanyakan apakah kenaikan gaji sudah dirasa begitu perlu, apakah tidak cukup gaji selama ini. Amatlah disayangkan apabila pertimbangannya adalah perbandingan dengan negara lain (saya melihat di koran bahwa di antara negara ASEAN, negara kita adalah salah satu negara yang paling sedikit menggaji presiden dan kabinetnya), karena sudah jelas bagaimana perbedaan kondisi keuangan negara kita dengan negara tetangga.
Tapi saya lihat juga di koran bahwa antara gaji presiden dengan gaji dirut BUMN ternyata berbeda jauh, contohnya adalah gaji Gubernur BI adalah 2.5 lebih besar dari gaji presiden saat ini (wah bisa kualat nih).
Tapi apa pun-lah namanya... apabila gaji mau naik, pikirkan dulu dari mana uangnya. bisa dari pemotongan anggaran dari kegiatan lain atau pengurangan pembangunan infrastruktur, tapi tentu yang rakyat harapkan dengan pegefisienan anggaran negara, seperti jual laptop para anggota DPR... hehehe
(Maaf pak dewan, cuman bercanda... nanti aku ditangkap lagi )

2 comments:

Insyaalloh cumlaude said...

Maksudnya udah dikomentari apa?

fales said...

Boleh aja gaji Mentri dan antek2nya pada naik. But, gaji rakyat dinaikin juga dong!!

COZ, sebenarnya yang nggaji mereka khan rakyat, bukan NEGARA, karena Negara sebenarnya tak punya uang. Hehe.. :))

Post a Comment