Oct 27, 2009

Mengkritik dan Bertindak





Waduh2x.... aku diweling (diingatkan) lagi sama master (mau liat klik di sini). Ini perihal dengan blog saya yang kurang lebihnya cukup banyak mengkaji kinerja pemerintahan dari waktu ke waktu. Tapi, bukan saya kalau tidak menanggapi dengan baik...hehehe...
Baik, terima kasih saya ucapkan kepada master atas peringatannya, saya hanyalah manusia biasa yang banyak kekurangannya jadi wajar dan senang apabila saya mendapat kritikan (mumpung ada yang mau ngritik). Ya... Betul apa yang master bilang, kita harus bertindak disamping terus mengkoreksi tindakan pemerintah, karena apa, karena mudah untuk bicara.
Kita tahu dan yakin bahwa pemerintah pada umumnya telah berusaha membuat segala sesuatunya berjalan maksimal agar rakyat hidup maksimal juga (kesejahteraannya maksudnya) tapi apa yang terjadi kebanyakan tidaklah sesuai harapan. Banyak dari sistem yang ada tidak berjalan maksimal, entah itu disebabkan oleh prosedur yang masih rancu, ataupun dari pelanggaran-pelanggaran dari individu yang berkaitan. Inilah yang menjadi fokus koreksi dari banyak aktivis (bukan termasuk saya).
Lalu di mana letak tindakannya...?
Yah... mungkin pertanyaan ini masih sulit untuk saya jawab, karena terus terang saya belumlah banyak bertindak bagi bangsa ini. Beda dengan master saya yang sudah sekolah di sekolah milik pemerintah sehingga keluar-keluarnya akan langsung mengisi roda pemerintahan. Mungkin ada dari teman bisa mengusulkan saya harus ngapain agar pemerintah bisa berjalan dengan benar.
Tapi begini, ada satu rumus yang saya pegang selama ini, "Jika suatu kaum tidak berusaha mengubah dirinya, Maka Allah tidak akanmengubah kondisi kaum tersebut." (Terdengar cukup adil bukan?)
Rumus di atas adalah suatu isyarat bahwa bangsa ini tidak akan berubah selama orang-orang yang di dalamnya tidak berubah. Sejauh apa pun saya bertindak, seberat apa pun tanggung jawab yang saya pikul, jika orangnya tidak berubah, yang ada hanya adzab Allah datang dari segala penjuru.
Nah pertanyaannya, apakah saya bisa mengubah orang? Sungguh saya tidak mempunyai kemampuan utnuk mebgubah orang lain, kalau saya punya, pasti akan saya ubah orang di dunia ini menjadi baik semua (mungkin ga ya? )
Jadi master... mungkin saat ini yang bisa saya lakukan hanyalah "mengkaji" kesalahan pemerintah... tapi alangkah beruntungnya saya apabila melalui kajian saya tersebut, ada seorang calon pemimpin atau sudah jadi pemimpin mungkin yang akan merubah berinisiatif memperbaiki bangsa ini dari waktu ke waktu...

2 comments:

Anonymous said...

Masalahnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka harus berubah. Maka, bagi orang yang telah sadar, bukankah menyadarkan mereka untuk berubah merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk segera dilakukan? Yang paling mendasar adalah mengubah pola pikir. Tidak hanya menjadi lebih baik, namun juga menjadi BENAR. Dan aku tidak yakin bahwa kau tidak mempunyai kemampuan untuk mengubah orang lain.. ^_^

Be Justice Is My Choice said...

Untuk Anonymous... Terima kasih atas kepercayaannya. Semoga kepercayaan tersebut bisa saya emban dengan baik.
Nb: Wah harusnya sih pake nama... biar bisa kenalan.

Post a Comment