Aug 31, 2009

Jika Bumi itu Datar...

Bumi itu datar
Jika bumi itu datar.... Maka Renaissance di Eropa akan terhambat karena memang benar doktrin gereja mengatakan bahwa bumi itu datar benar adanya. Galilei Galileo tidak jadi sebagai salah satu ilmuwan masa yang berhasil membuktikan secara matematis dan fisis (secara kasat mata melalui teropongnya) bahwa bui itu bulat.
Jika bumi itu datar... Maka Magelhaens yang mencoba mengarungi dunia untuk membuktikan bumi itu bulat tidak akan kembali untuk menceritakan kisah hebatnya mengelilingi dunia serta bertarung melawan suku pedalaman filipina.
Jika bumi itu datar... Entah kejadian apa lagi yang bisa mengubah tatanan alam, sejarah dan ilmu-ilmu eksak yang lain.
Mengapa dulu bumi itu "datar"...? Karena manusia menggunakan matanya tanpa "berpikir" panjang mengenai apa yang dilihatnya. Sama halnya apabila kita menjalani kehidupan ini dengan datar dan pemahaman yang baik akan proses kehidupan.
Manusia... adalah mahkluk yang unik. Manusia menyimpulkan sendiri apa yang dilihatnya. Ia menyimpulkan dengan semena-mena walaupun pada akhirnya kesimpulan yang ia buat itu salah.
Manusia itu sombong... karena ia berpikir bahwa ia lebih hebat dari mahkluk-mahkluk lainnya... Benarkah itu?
Itulah kehidupan... berbagai bentuk dan rupa menyelimuti dunia yang "datar" ini. Tinggal kitalah yang akan menjadikan bumi kita yang tercinta ini "bulat".


Nb : kebetulan artikel ini cukup mengundang sesuatu hal yang kontroversial, disarankan untuk melihat artikel lanjutan mengenai salah satu pertanyaan yang diajukan oleh pembaca di kolom komentar, klik di sini




See another post:

2 comments:

not need to know said...

Rasululloh pun dianggap manusia yang sombong?

Be Justice is My Choice said...

Wahahaha... Mana berani saya menyimpulkan begitu? Tuh saya akhirkan kalimat "kontrovesrsial" saya dengan... Betul itu?
That's not true, I need to know you master...

Post a Comment